Bunda Bijak, Anak Sehat, keluarga bahagia

Wednesday, December 8, 2010

Pengaruh pola makan ibu Hamil terhadap selera makan anak


Bunda Bijak sedang hamil? berhati-hatilah dalam memilih pola makan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Colorado terungkap bahwa pola makan ibu yang sedang hamil akan berpengaruh terhadap selera makan sang anak. 


 Selera makan yang sama dengan bunda saat hamil terjadi karena perkembangan otak si kecil juga terpengaruh. Bagian otak anak yang terkena dampak dari selera makan ibu saat hamil adalah olfactory glomeruli. Bagian ini bertanggung jawab memproses bau-bau makanan, lalu mengaktifkan sistem tertentu sebagai isyarat untuk membangkitkan nafsu makan.

Oleh karena itu janganlah heran apabila pada saat hamil bunda doyan makanan-makanan cepat saji, kelak  si kecil juga akan lebih menyukai bau burger dan kentang goreng dibandingkan sayur asem. Yang lebih parah lagi apabila pada saat hamil Bunda suka mengkonsumsi rokok atau alkohol, di khawatirkan dikemudian hari si kecil juga suka mengkonsumsi rokok dan alkohol juga. 


Penelitian yang dimuat dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B ini merupakan yang pertama mengamati efek pola makan ibu hamil bagi perkembangan otak janin. Uji coba pada manusia juga baru akan dilakukan, namun hasil eksperimen pada tikus diyakini tidak akan jauh berbeda. 


Untuk itu alangkah baiknya jika Bunda Bijak bisa mencegah gaya hidup tidak sehat yang berhubungan dengan pola makan bisa dicegah sejak dini. Yaitu dengan cara membiasakan makan makanan sehat sejak dalam kandungan, agar terbentuk selera makan yang sehat ketika tumbuh dewasa. 
 (detikhealth)

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Post a Comment

 

Bunda Bijak Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha