Bunda Bijak, Anak Sehat, keluarga bahagia

Thursday, November 10, 2011

Cokelat Ternyata Bisa Bikin Kecanduan


Tahukah Bundabijak jika ternyata coklat bisa membuat penikmatnya kecanduan? Sebagaimana dilangsir detikhealth dari Health.MSN, beberapa jenis makanan bisa saja  memiliki sifat adiktif. Hanya saja zat adiktif yang terkandung di dalam cokelat berada dalam kategori yang berbeda dibandingkan dengan zat-zat seperti heroin atau alkohol.

Pada umumnya, kecanduan terhadap suatu zat (makanan) bisa menimbulkan gejala seperti keinginan yang intens, kehilangan kontrol atas objek yang diinginkan serta terus menerus mengonsumsi meski efeknya buruk. Bahkan ada orang yang bisa terpicu nafsu makannya ketika melihat atau mencium bau makanan meski baru saja makan. Biasanya, makanan yang bisa menyebabkan ketagihan adalah makanan yang tinggi lemak serta tinggi karbohidrat. Dan cokelat adalah salah satu dari makanan tersebut. 

Bagian otak yang mengatur hasrat akan menjadi aktif ketika seseorang diberikan bau atau melihat minuman cokelat. Ketika diminum maka aktivitas otak di daerah tersebut berkurang, pola ini ditemukan pula pada orang yang kecanduan.Seseorang juga akan mengalami reaksi psikologis seperti kesenangan yang intens dan keinginan untuk mengonsumsi lebih banyak ketika makan permen cokelat.

 Meskipun tidak sebahaya kecanduan narkoba atau alkohol, tetapi kecanduan makanan seperti cokelat tetap akan menyebabkan efek samping seperti obesitas dan kehilangan kontrol makan yang bisa menjadi faktor risiko dari beberapa penyakit. Selain itu ada hal lain yang membedakan kecanduan narkoba dengan makanan, yaitu makanan diperlukan untuk kelangsungan hidup sedangkan zat adiktif seperti narkoba tidak. (detikhealth.com)

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Post a Comment

 

Bunda Bijak Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha