Bunda Bijak, Anak Sehat, keluarga bahagia

Thursday, January 3, 2013

Mengatasi Kesan Sempit Ruangan dengan Cermin


Mengatasi Kesan Sempit Ruangan dengan Cermin


Memiliki rumah sempit  tidak bisa dihindari oleh sebagian orang terutama akhir-akhir ini. Keterbatasan lahan serta gaya hidup perkotaan yang serba praktis membuat  desain rumah mungil menjadi pilihan terutama bagi keluarga kecil.

Untuk mengatasi kesan kecil dan sempit ruangan, biasanya digunakan cermin yang besar sebagai solusinya.  Dinding cermin memberikan ilusi pandangan pada penghuni ruangan. Sehingga jarak pandang yang tadinya terbatas, terasa lebih jauh "menembus" bayangan di cermin.

Menempatkan dinding cermin pada satu sisi dinding, membuat tampilan ruangan seolah-olah dua kali lebih luas. Sebagai contoh, apabila Bunda memiliki ruang keluarga di apartemen yang mungkin berukuran 1,5mx1,2m. Efek luas terasa dari ditempatkannya cermin untuk menutupi seluruh permukaan dinding.
Jika berniat mengaplikasikan dinding cermin pada ruangan, perhatikan beberapa hal. Usahakan penempatan furnitur tidak menempel pada permukaan dinding cermin. Hal ini perlu Bunda lakukan, untuk menjaga agar cermin tidak tergores. Selain itu, sebelum membuat dinding cermin, rencanakan penataan ruang dengan baik. Termasuk di dalamnya penempatan saklar dan stop kontak. Perencanaan demikian mutlak diperlukan, karena perangkat listrik tersebut tidak bisa dipasang pada dinding yang akan dilapisi cermin.

Bunda juga perlu memperhatikan penempatan titik lampu untuk pencahayaan ruang. Jika Bunda ingin menempatkan lampu di depan cermin, usahakan agar letak lampu dan cermin tidak berhadapan. Posisi lampu dan cermin yang berhadapan mengakibatkan cahaya lampu langsung menyorot ke cermin. Cahaya tersebut akan dipantulkan oleh cermin. Pantulan cahaya dari cermin akan sangat menyilaukan dan tentunya membuat tidak nyaman. (ideaonline)

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

1 Comment:

arif said...

cermin memang bermanfaat utk membuat kesan luas, tapi klo cermin yg dipasang di pinggir jalan bisa membahayakan karena mengganggu fokus pengendara jalan

Post a Comment

 

Bunda Bijak Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha