Bunda Bijak, Anak Sehat, keluarga bahagia

Thursday, January 17, 2013

Tips Memilih Gorden


Gorden merupakan salah satu perlengkapan rumah yang multifungsi. Selain untuk membatasi pandangan, Bunda juga bias memfungsikan gorden sebagai penghias ruangan, penghalang cahaya yang berlebihan, penghalang angin dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, semua jenis kain bisa digunakan gorden.  Meski kain jenis katun, sutra, dan kain cita lebih familiar, tak ada yang melarang penggunaan wol, flanel, atau tenun meskipun bunda harus tetap memperhatikan iklim dan kondisi lingkungan rumah.

Kain jenis wol tentu tidak cocok digunakan di daerah tropis dan kotor seperti Jakarta karena akan menumpuk debu. Hampir semua jenis kain terlihat lebih bagus dan tahan lama bila diikat meskipun membiarkannya jatuh lurus tanpa dihalangi apapun kadangkala juga tetap menarik. Untuk itu, Bunda bias memilih kain jenis sutra, taffeta, voile (tenun tipis), kasa katun halus dengan bordir, atau linen.

Jika menggunakan kain yang ringan dan tipis, sebaiknya dibuat dengan panjang sekitar tiga kali lebar jendela agar jatuhnya terlihat lebih indah. Selain itu, kita tak perlu khawatir jika kain menyusut.

Selain tips-tips di atas, ada juga beberapa tips yang diberikan oleh desainer interior Mary Gilliatt, dalam Mary Gilliatt's Interior Design Course .
  • Jika lingkungan rumah Anda cukup dingin, berangin, dan berisik, pilih bahan gorden yang cukup tebal dan berat untuk meredamnya.
  • Utara dan selatan merupakan posisi terbaik untuk jendela. Tapi, jika ruangan cenderung gelap, pilih gorden yang tak banyak menghalangi cahaya. Agar tampak cantik, ikat gorden di bagian tengah.
  • Jendela yang menghadap timur atau barat memiliki risiko silau yang cukup besar. Hindari kain yang terlalu tipis atau berwarna sangat cerah. Kurangi cahaya yang masuk dengan blinds atau tirai tipis di balik gorden.
  • Bila rumah Anda berada di tengah kota yang penuh polusi, hindari tirai berwarna terang. Apalagi, dengan detail lipatan-lipatan yang rumit. Sebab, debu dan kotoran akan menumpuk dengan cepat.
  • Jendela yang terlalu transparan membuat privasi berkurang. Hati-hati menggunakan tirai berbentuk jala, kasa, renda, atau penutup bertipe translusen lainnya yang justru terlihat transparan di malam hari. Sebaiknya, pilih tirai tipis atau cafe curtain agar lebih aman.
(ideaonline)

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

1 Comment:

Cara Mengatasi Vagina Gatal said...

Terimakasih banyak untuk tips nya...

Post a Comment

 

Bunda Bijak Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha