Bunda Bijak, Anak Sehat, keluarga bahagia

Wednesday, November 10, 2010

Memilih Pagar untuk Rumah Bunda


Bunda Bijak pasti paham dengan fungsi pagar, yaitu untuk membatasi lahan milik seseorang dengan orang lain atau area publik . Bahan dan tipe pagar bermacam-macam, tergantung selera dan model rumah bunda miliki. Pemilihan bahan yang akan digunakan untuk membuat pagar akan menentukan karakter yang diinginkan.

Di dalam membuat pagar yang bagus, secara garis besar ada tiga syarat utama,yaitu kokoh, aman, dan indah, baik dari segi bahan maupun struktur konstruksi pagar. Pemilihan bentuk, model, tinggi, panjang dan lebar pagar harus disesuaikan dengan kondisi luas lahan, fungsi, proporsi dan komposisi bangunan. Dibawah ini akan dituliskan beberapa jenis pagar beserta karakteristiknya:

Pagar Tanaman
Pagar yang terbuat dari tanaman akan memberikan kesanalami, sejuk dan indah . Agar tampak artistik, setelah pucuk tumbuh bertunas, tanaman kemudian diatur dan dipangkas hingga membentuk "bangunan" yang cantik. Ada pula pagar tanaman yang berbunga, mekar, hingga menampilkan kesan semarak dan energik

Pagar Batu Alami
Pagar yang terbuat dari batu akan memberikan kesan alami. Pagar yang terbuat dari batu alam cocok dipadukan dengan berbagai gaya rumah dan material lain.

Pagar Kayu.
Pagar kayu memberikan kesan alami dengan menonjolkan teksur serat dan warna alami dari kayu itu sendiri, dan pilihlah kayu yang tahan cuaca dan lapuk, sehingga kayu pun akan lebih awet. Disini kayu bisa diaplikasikan dengan variasi batu alam pada sisi penyangga samping maupun diatas pondasi dan juga untuk perangkai kayunya kita bisa mengkombinasi dengan besi tempa sehingga akan terkesan kokoh, alami namun berkelas.

Pagar Beton
Pagar Beton banyak dipilih dengan alasan akan terlihat sangat kokoh jika dilihat. Apabila dikombinasikan dengan tekstur dari batu alam, pagar beton akan terkesan alami tidak terlihat kaku tanpa mengurangi kesan kuat dan kokoh. Agar pagar beton lebih awet, sebaiknya menggunakan beton bertulang , terutama bagi yang bertempat tinggal di daerah gempa.

Pagar Besi Tempa
Pagar besi tempa juga banyak diminati  karena kuat dan terlihat berkelas . Agar tampak alami, Tpagar dari besi tempa perlu dikombinasikan dengan material yang lain seperti kayu atau beton yang dilapisi dengan batu alam.
(dari berbagai sumber)

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

1 Comment:

marsudiyanto said...

Untuk daerah yg agak rawan seperti tempat saya, saya lebih memilih yang kokoh.
Tapi meski pakai batu alam, saya siasati dengan menaruh beberapa pot bunga diatasnya, agar nggak keliatan gersang...
Makasih sharingnya...

Post a Comment

 

Bunda Bijak Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha