Bunda Bijak, Anak Sehat, keluarga bahagia

Sunday, October 10, 2010

Kentang Goreng Renyah dan Tidak Cepat Layu


 
Bunda Bijak pasti sudah kenal jenis makanan yang satu ini. Kentang, merupakan salah satu sumber karbohidrat yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di banyak negara tarutama Eropa. Bunda sekalian pasti juga sering memasak bahan makanan tersebut baik dengan cara digoreng, direbus, dipanggang, atau disajikan bersama daging maupun sayur
Berdasarkan catatan sejarah, jenis makanan kentang pertama kali dikenalkan oleh masyarakat Andes yang  berada di Amerika Latin. Selanjutnya Kentang dibawa oleh bangsa-bangsa lain dan disebarkan ke seluruh penjuru dunia. Bahkan di beberapa negara, tanaman yang terbagi dalam 200 spesies ini telah dijadikan makanan pokok. Bahan makanan ini, menurut berbagai penelitian  memiliki manfaat yang amat banyak, terutama karena kandungan gizi di dalamnya, misalkan mineral serta kalsium yang bermanfaat memelihara kesehatan tulang dan gigi.

Kini, kentang telah menjadi hidangan favorit dari masa ke masa karena proses pengolahannya menjadi sebuah menu sangatlah mudah. Sebut saja dengan digoreng, kentang bisa menjadi camilan nikmat, kapan pun dan dimana pun.
Apabila Bunda bijak ingin membuat kentang goreng yang renyah dan tidak cepat layu,  Yeni Ismayani seorang professional food stylish telah membagikan tipsnya sebagai berikut:
1. Kentang dipotong-potong, dibersihkan, lalu direndam dalam air yang telah dicampur kapur sirih dan garam. Cuci.

2. Air kapur membuat kentang sedikit mengeras, karena menyerap air yang ada di dalam kentang. Sementara garam berfungsi untuk membuat kentang terasa gurih.

3. Diamkan kentang dalam rendaman air kapur dan garam selama 1-2 jam, lalu keringkan. Keringkan dengan serbet, tisu kering, atau lap.

4. Goreng dalam minyak panas sampai terendam. Goreng setengah matang, angkat, diamkan sebentar, lalu masukkan kembali. Angkat kentang bila sudah terlihat kering.
Semoga tips-tips tersebut dapat membantu bunda bijak semuanya.  (Okezone)

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Post a Comment

 

Bunda Bijak Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha