Bunda Bijak, Anak Sehat, keluarga bahagia

Saturday, October 23, 2010

Makanan Tradisional ala Kafe Betawi


Jika kangen dengan berbagai makanan tradisional seperti rawon, mie kangkung, rujak ulek, atau kue rangi maka restoran yang satu ini bisa jadi pilihan. Selain tempatnya yang tak begitu jauh dari perkantoran harga yang terjangkau membuatnya ramai dikunjungi.

Menjelang bulan ramadhan sudah menjadi kebiasaan teman teman kantor untuk mengadakan acara "munggahan". Kadang kala di kantor kadang kala di restoran. Pada ramadhan kemarin teman sekantor memutuskan untuk mengadakan acara tersebut di luar kantor. Karena berkantor di Jl. Rasuna Said, Kuningan maka kami memutuskan untuk mencari restauran di sekitar kuningan.

Pilihan jatuh pada Kafe Betawi di Plaza Setiabudi karena pada acara kali ini kami mencari masakan khas nusantara. Kafe betawi bertempat di lantai 1, Plaza Setiabudi merupakan salah satu dari sekian banyak restoran di bangunan ini. Kafe betawi sesuai dengan namanya menyajikan aneka masakan khas Jakarta plus camilan dan kerupuknya. Restauran didesain seperti rumah betawi dengan lampu lampu gantung dan perabotannya. Terkesan menarik dan alami.

Masakan yang ada disini cukup banyak jenisnya. Ada soto betawi, soto mie, soto buntut (goreng), soto kambing, nasi uduk, nasi goreng, nasi rawon, lontong cap gomeh, laksa betawi, lontong sayur, mie kangkung, ketoprak, aneka sate, rujak ulek, kue rangi, dan pempek.

Untuk minuman tersedia soft drink susu, kopi (tubruk, susu), sekoteng, wedang jahe, es cincau, doger, kelapa muda, cendol, es campur. Tidak lupa camilan seperti otak otak, aneka kerupuk dan makanan penutup seperti rujak bebek dan asinan.

Kebetulan karena beramai ramai maka kami memilih variasi makanan. Saya memilih nasi goreng kambing, daging kambingnya empuk dan bumbunya terasa. Lontong cap gomehnya juga oke punya. Kuahnya kental dan jumlahnya cukup banyak. Soto betawi rasanya tidak mengecewakan dan ayam karinya juga sedap. Kesimpulan makanannya tidak mengecewakan.

Teman teman lainnya juga merasa puas dengan makanannya. Untuk minuman kami memilih aneka jus segar dan cukup bervariasi. Tidak lupa memesan penutup seperti asinan dan rujak bebek. Hmm... teringat masa dulu membeli makanan tersebut dari penjual keliling.

Kafe betawi ada dibeberapa lokasi di Jakarta. Jam buka restoran ini dari jam 10 pagi sampai jam 11 malam. Restoran ini memang cocok untuk makan siang, makan malam atau sekedar menjadi tempat mengobrol sambil makan camilan. Kalau untuk urusan harga memang makanan disini tergolong lumayan.

Rata rata harga makanan antara Rp 25ribuan - Rp 50ribuan. Kalau minuman bervariasi antara Rp 10.000,00 sampai Rp 20.000,00. Kalo aneka "dessert" seperti asinan dan rujak masih dibawah 10 ribuan. Mungkin bukan tujuan saya untuk rutin makan siang disini tetapi kalau ada acara khusus seperti ini Kafe betawi bisa jadi pilihan saya. (Amy Rahmadanti/detikfood)

Kafe Betawi
Plaza Setiabudi Lt.1
Kuningan
Jakarta Selatan
Telp: 021-52900830

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Post a Comment

 

Bunda Bijak Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha